Sabtu, 11 Mei 2013

TIPES


APA ITU TIPES?
Tipes atau demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan bakteri Salmonella tifosa. Penyakit ini dapat menyerang tubuh melalui makanan atau minuman yang menyebabkan infeksi usu halus. Banyak yang beranggapan bahwa tipes dan tipus itu sama, ini jelas berbeda. Tipus adalah infeksi yang ditularkan tikus yang menyebabkan demam dan ruam. Nah, jadi tipes dan tipus itu merupakan penyakit yang berbeda.

BAGAIMAN CARA PENULARAN TIPES?
Penyakit ini mudah menular lewat makanan dan minuman yang mengandung makanan yang mengandung bakteri, jika bakteri yang masuk dalam tubuh, menetap dalam tubuh dan berkembang biak sehingga menyebabkan penyakit tipes.

BAGAIMANA GEJALA TIPES?
Gejala tipes diawali dengan demam tinggi dan lebih dari satu minggu. Pola demam pun makin hari makin naik layaknya anak tangga. Demam turun secara bertahap dan suhu penderita kembali normal pada minggu atau 10 hari berikutnya. Tetapi gejala dapat timbul kembali selama dua minggu sesudah demam menghilang.

BAGAIMANA PENANGANAN TIPES?
Apabila mengalami tipes lebih baik segera dibawa kedokter untuk diberikan oabt seperti antibiotic. Penderita harus istirahat total serta banyak minum air untuk membantu meningkatkan system imunitas.

APA YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MENGINDARI TIPES?
1.       Hindari makanan yang tidak higienis.
2.       Memberi perhatian khusus pada kebersihan air minum, terutama saat banjir.
3.       Mencuci tangan sebelum makan.
4.       Menghindari mengkonsumsi jajanan dipinggir jalan.
5.       Jika mengkonsumsi telur sebaiknya telur yang benar benar matang.
6.       Meningkatkan daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup yaitu 7-8 jam/sehari.
7.       Olahraga teratur 3-4 kali dalam seminggu selama 1 jam.



SUMBER : Buku, Ensiklopedi Penyakit Menular dan Infeksi oleh Sintia Sasika Novel, S.Si

3 komentar: