Sabtu, 11 Mei 2013

CAMPAK


APA ITU CAMPAK?
Campak merupakan penyakit virus yang sangat mudah menular dan dapat mendatangkan komplikasi serius. Hampir semua anak dibawah 5 tahun akan terserang penyakit ini. Campak juga bisa menyerang anak usia remaja atau dewasa muda yang tidak terlindung oleh imunitas. Campak hanya akan menulari sekali dalam seumur hidup. Akan tetapi apabila daya tahan tubuh kuat bisa saja naka tidak terkena campak sama sekali.
BAGAIMANA CARA PENULARAN CAMPAK?
Campak dapat ditularkan melalui udara saat penderita batuk atau bersin kedalam udara. Campak merupakan salah satu infeksi manusia yang paling mudah dituanusia yang paling mudah dituanusia yang paling mudah ditularkan. Berada didalam ruangan yang sama dengan penderita campak dapat mengakibatkan terjadinya infeksi.
Penderita campak dapat menularkan penyakit sebelum gejala timbul sampai empat hari setelah ruam atau bercak merah timbul. Dalam bahasa kedokteran bercak merah disebut makulopapuler. Biasanya bercak merah memenuhi seluruh tubuh dalam waktu seminggu . namun bila daya tahan tubuhnya baik maka bercak merah tidak terlalu menyebar dan tidak terlalu penuh.

BAGAIMANA GEJALA CAMPAK?
·         Fase pertama disebut masa inkubasi belangsung sekitar 10-12 hari. Pada fase ini anak sudah mulai terkena infeksi, akan tetapi belum tampak gejala apapun.
·         Fase kedua disebut fase prodormal akan timbul gejala lelah, demam, batuk, hidung beringus, mata merah, berair, dan perih, tekadang anak mengalami diare.
·         Fase ketiga ditandai dengan keluarnya bercak merah seiring dengan demam tinggi yang terjadi. Namun bercak tidak langsung muncul di seluruh tubuh melainkan bertahap dan merambat. Muali dari belakang kuping, leher, dada, muka, tangan, dan kaki. Umumnya jika bercak merahnya sudah keluar, demam akan turun dengan sendirinya. Bercak merah pun makin lma menjadi kehitaman dan bersisik (hiperpigmentasi), rontok dan sembuh dengan sendirinya.

BAGAIMANA PENANGANAN CAMPAK?
1.      Bila campaknya ringan, anak cukup dirawat di rumah, tetapi jika campaknya berat atau sampai terjadi komplikasi maka harus dirawat di rumah sakit.

2.      Beberapa penderita campak mengalami komplikasi yang masuk infeksi telinga, diare, radang otak (ensefalitis), dan radang paru paru (broncho pneumonia), sehingga memerlukan rawat inap di rumah sakit. Komplikasi dapat terjadi karena virus campak menyebar melalui aliran darah ke jaringan tubuh lainnya dan paling sering menimbulkan kematian pada anak adalah komplikasi radang paru paru dan radang otak.

3.      Anak perlu dirawat di tempat tersendiri agar tidak menularkan penyakitnya kepada yang lain, terutama bila ada bayi dirumah yang belum mendapat imunisasi.

4.      Lakukan pengobatan yang tepat dengan berkonsultasi dengan dokter.

5.      Beri penderita asupan makanan bergizi seimbang dan cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

6.      Jaga kebersihan anak

7.      Istirahat yang cukup.


APA YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MENGHINDARI CAMPAK?
Perlingdungan terbaik terhadap campak adalah imunisasi vaksin MMR. Vaksin ini memberikan perlindungan terhadap infeksi campak disamping gondong dan rubella. Vaksin MMR harus diberikan kepada anak anak pada usia 12 bulan dan dosis kedua harus diberikan pada usia 4 tauhn. 


SUMBER : Buku, Ensiklopedi Penyakit Menular dan Infeksi oleh Sintia Sasika Novel, S.Si


Tidak ada komentar:

Posting Komentar