Sabtu, 11 Mei 2013

BOTULISM


APA ITU BOTULISM?
Merupakan penyakit keracunan akibat toksin botulinum yang dihasilkan oleh Clostridium botulinum yang satu krabat dengan Clostridium tetani. Racun botulinium menghambat  transmisi syaraf otot. Racun ini dikatakan sebagai zat yang diketahui secara akut paling beracun dengan dosis mematikan 200-300 pg/kg yang berarti bila melebihi 100 gram dapat membunuh setiap manusia. Pada perkembangannya racun ini dimanfaatkan untuk terapi kecantikan yang dikenal dengan istilah botox (botulinum toxin).

BAGAIMANA CARA PENULARANNYA?
Colostridium botulinum terdapat dalam bentuk bakteri dan spora di dalam tanah, sedimen di laut, permukaan buah dan sayur,di usus mamalia dan ikan, kepiting. Namun kasus yang banyak terjadi adlah bakteri ini ini ditemukan pada makanan kaleng yang diawetkan. Jika termakan maka bakteri tersebut akan masuk kedalam saluran pencernaan lalu menghasilakan racun batulinium didalam usus besar.

BAGAIMANA GEJALA BOTULISM?
Gejala biasanya muncul setelah sehari memakan makanan yang terkontaminasi bakteri Clostridium botulinium walaupun gejala dapat saja terlihat setelah 10 hari. Sebagian lemah dan lumpuh, pada umumnya mengeluh letih, mulut kering dan kesulitan untuk menelan. Racun akan menghambat pada sekeliling saraf gerak, menyebabkan kelumpuhan, dan dlam kasus berat akan menyebabkan kematian.

BAGAIMANA PENANGANAN BOTULISM?
Penderita harus mendapat pertolongan dari dokter atau tenaga kesehatan karena akan menderita keracunansehingga harus diberikan antibiotic untuk mencegah pembentukan racun lebih lanjut.

APA YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MENGHINDARI BOTULISM?
1.       Hindari makanan kalenga yang kemasannya sudh rusak atau mengembung.
2.       Makan makanan yang sudah matang dan harus dipanaskan hingga 85 derajat celcius atau lebih selama lima menit, atau merebus sedikitnya selama sepuluh menit.


SUMBER : Buku, Ensiklopedi Penyakit Menular dan Infeksi oleh Sintia Sasika Novel, S.Si
Gambar : http://en.wikipedia.org/wiki/Botulism 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar