Sabtu, 11 Mei 2013

LEPRA


APA ITU LEPRA?
Lepra atau kusta dapat juga disebut Morbus Hansen adalah penyakit yang disebabkan oleh mycobacterium leprae. Menyerang tubuh manusia terutama kulit dan susunan syaraf tepi, lepra memerlukan waktu yang lama dalam perjalanan penyakitnya (masa inkubasi) atau dikenal penyakit kronis. Penyakit lepra ditakuti masyarakat karena menular. Orang yang beresiko terkena lepra adalah yang tinggal di daerah endemic dengan kondisi yang buruk, seperti tempat tidur yang tidak memadai, asupan gizi yang buruk, air yang tidak bersih, dan adanya penyertaan penyakit lain seperti HIV yang dapat menekan system imun.

BAGAIMANA CARA PENULARAN LEPRA?
Penyakit yang disebabkan oleh mycobacterium leprae meskipun pintu masuk dari bakteri ke tubuh manusia masih menjadi tanda tanya. Namun, berdasarkan penelitian para ahli, bakteri ini masuk melalui kontak langsung dengan kulit dan saluran pernafasan, antara yang terinfeksi dan penderita.

BAGAIMANA GEJALA LEPRA?
1.      Lepra tuberkuloid ditandai dengan ruam kulit berupa 1 atau beberapa daerah putih yang datar
2.      Lepra lepromatosa ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang lebih besar dengan berbagai ukuran dan bentul. Terjadi kerontokan rambut tubuh, termasuk alis dan bulu mata
3.      Lepra perbatasan meruapakan suatu keadaan yang tidak setabil, yang memiliki gambaran kedua berbentuk lepra.
Pada semua jenis, selama pejalanan penyakit baik diobati maupun tidak diobati, bisa terjadi reaksi kekebalan tertentu, yang kadang timbul sebagai demam dan peradangan kulit, saraf tepid an kelenjar getah bening, sendi, buah zakar, ginjal, hati dan mata.

BAGAIMANA PENANGANAN LEPRA?
WHO melaporkan kemoterapi kusta pada 1993 dan merekomendasikan dua tipe terapi multiobat standar, yaitu : pertama adalah pengobatan selama 24 bulan untuk kusta lepromatosa dengan rifampisin, klofazimin, dan dapson. Kedua adalah pengobatan 6 bulan untuk kusta tuberkuloid dengan rifampisin dan dapson. Pengobatan multi obat masih efektif dan pasien tidak lagi terinfeksi pada pemakaian bulan pertama. Cara ini aman dan mudah, jangaka waktu pemakaian telah tercantum pada kemasan obat.

APA YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MENGHINDARI LEPRA?
1.      Hindari kontak dengan penderita lepra.
2.      Jangan menggunakan alat alat makan/ minum/ mandi bersama dengan penderita.
3.      Pola hidup sehat maka daya tahan tubuh kita diharapkan cukup untuk memberikan perlindungan.
4.      Sirkulasi udara dan sinar matahari dirumah harus baik.

SUMBER : Buku, Ensiklopedi Penyakit Menular dan Infeksi oleh Sintia Sasika Novel, S.Si
Gambar : http://cantaroderramado.wordpress.com/2012/08/18/lepra/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar