Sabtu, 11 Mei 2013

CACAR AIR



APA ITU CACAR AIR?
Cacar air atau Varicella simplex adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella zoster. Penyakit ini dapat menular dengan cepat, timbul secara tiba tibadan paling sering terjadi pada anak anak, tetapi bisa juga terjadi pada orang dewasa. Penyakit ini muncul dengan mudah pada penderita dengan daya tahan tubuh yang kurang baik. Wanita hamil yang terinfeksi dapat mengakibatkan kecacatan janin, parut kulit dan masalah lain pada bayi.

BAGAIMANA PENULARAN CACAR AIR?
Cacar air disebabkan oleh virus varicella zoster yang ditularkan melalui percikan ludah penderita atau bisa juga kontak langsung dengan lepuhan dari penderita atau secara tidak langsung melalui benda benda yang terkontaminasi oleh cairan lepuhan penderita. Penderita dapat menularkan penyakit dari satu atau dua hari sebelum timbulanya ruam, yaitu ketika fase hidung beringus sampai dengan lima hari setelah itu.

BAGAIMANA GEJALA CACAR AIR?
Gejala cacar air mulai dengan hidung beringus, demam ringan, dan perasaan lemah, lesu, muculnya ruam kulit, kadang kadang nyeri sendi, sakit kepala, dan pusing. Ruam biasanya mulai sebagai bengkak kecil yang akan menjadi lepuh dan menjadi keropeng. Ruam timbul selama tiga sampai empat hari setelah terinfeksi.

BAGAIMANA PENANGANAN CACAR AIR?
Jika mengalami cacar air maka penderita harus menjauhkan diri dari orang lain sampai sekurang kurangnya lima hari setelah ruam timbul dan semua lepuh telah kering. Penderita cacar air harus menutup hidung dan mulutnya sewaktu batuk atau bersin, membuang tissue kotor ke tempat sampah, mencuci tangan dengan baik, dan menggunakan alat makan dan minum tersendiri tidak boleh dipakai olehorang lain.
Cacar air sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi tidak menutup kemungkinan adanya serangan berulang saat mengalami penurunan daya tahan tubuh. Penyakit cacar air dapat diberikan asiklovir berupa tablet 800 mg selama 7-10 hari dan salep yang mengandung asiklopvir 5% yang dioleskan tipis di permukaan yang terinfeksi 6x sehari selama 6 hari.
Setelah masa penyembuhan dilanjutkan dengan perawatan bekas luka, penderita dianjurkan banyak minum air mineral untuk menetralisir ginjal karena mengkonsumsi obat, vitamin E untuk kelembapan kulit, konsumsi vitamin C ataupun yang langsung dari buah buahan segar seperti jus tomat, jambu biji dan anggur.

APA YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MENGHINDARI CACAR AIR?
Pemberian vaksin yang dianjurkan untuk semua anak pada usia 18 bulan dan anak anak pada tahun pertama sekolah menengah. Vaksin juga dianjurkan bagi orang yang berusia 14 tahun  yang  tidak memiliki kekebalan. Vaksin dianjurkan khusus bagi orang yang menghadapi resiko tinggi berkontak langsung dengan cacar air, seperti petugas kesehatan.


SUMBER : Buku, Ensiklopedi Penyakit Menular dan Infeksi oleh Sintia Sasika Novel, S.Si
      Gambar : http://awaspinter.blogspot.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar