Sabtu, 25 Mei 2013

PNEUMONIA






APA ITU PNEUMONIA ?
Pneumonia adalah proses infeksi akut yang mengenai jaringan paru-paru (alveoli). Terjadinya pneumonia pada anak seringa kali bersamaan dengan proses infeksi akut pada bronkus (broncopneumonia). Pneumonia dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, termasuk infeksi oleh virus, jamur, bakteri atau parasit lain. Bakteri yang umumnya adalah streptococcus pneumonia, staphylococcus aureus, klebsiella sp, pseudomonas sp, sedangkan virus yang menyebabkan pneumonia misalnya influenza virus.


BAGAIMANA GELAJA PNEUMONIA?
Gejala yang berhubungan dengan radang paru-paru seperti :
·         Batuk
·         Sakit dada
·         Demam
·         Kesulitan bernafas
·         Dahak berwarna kehijauan

Pneumonia berat ditandai dengan adanya batuk atau kesukaran bernafas, nafas sesak atau penarikan dinding dada sebelah bawah kedalam pada anak usia 2 bulan sampai kurang dari 5 tahun.



APA SAJA JENIS PENYAKIT PNEUMONIA?
1.       Pneumonia oleh bakteri
Pneumonia yang disebabkan oleh streptococcus pneumoniae sudah ada dikerongkongan manusia sehat. Begitu system imunitas tubuh menurun karena sakit, usia tua, atau malnutrisi, bakteri segera memperbanyak diri dan menyebabkan kerusakan, seluruh jaringan paru-paru akan dipenuhi cairan dan infeksi dengan cepat menyebar keseluruh tubuh melalui aliran darah.

2.       Pneumonia oleh virus
Setengah dari pneumonia diperkirakan disebabkan oleh virus yang kebanyakan menyerang saluran pernafasan terutama pada anak anak, gangguan ini bisa memicu pneumonia. Sebagian besar pneumonia jenis ini tidak berat dan sembuh dalam waktu singkat. Namun bila infeksi terjadi bersamaan dengan virus influenza maka gangguan bisa berat dan kadang menyebabkan kematian.

3.       Pneumonia mikoplasma
Pneumonia mikoplasma mulai diidentifikasi dalam perang dunia kedua. Mikoplasma adalah agen terkecil di alam bebas yang menyebabkan penyakit pada manusia. Mikoplasma tidak bisa dikasifikasikan sebagai virus maupun bakteri, meski memiliki katakteristik keduanya. Pneumonia yang dihasilkan biasanya berderajat ringan dan tersebar luas. Mikoplasma menyeranga segala jenis usia, namun paling sering pada anak pria remaja  dan usia muda.



BAGAIMANA PENANGANAN PNEUMONIA ?
Pneumonia awal biasanya dengan pengobatan antibiaotik yang cukup manjur mengatasi pneumonia yang disebabkan oleh bakteri, mikoplasma dan beberapa rickettsia. Untuk pneumonia oleh virus sampai saat ini belum ada panduan khusus, meski beberapa obat antivirus telah digunakan. Biasanya dokter yang menangani pneumonia akan memilihkan obat sesuai pertimbangan masing masing, setelah suhu pasien kembali normal, dokter akan memberikan pengobatan lanjutan untuk mencegah kekambuhan. Selain antibiotika, pasien juga akan mendapatkan pengoabatan tambahan berupa pengaturan pola makan dan oksigen untuk meningkatkan jumlah oksigen dalam darah.


APA YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MENGHINDARI PNEUMONIA?
1.       Istirahat yang cukup
2.       Olahraga teratur
3.       Makan makanan yang bergizi dan bersih
4.       Minum air mineral 8-12 gelas sehari untuk menjaga stamina tubuh.



SUMBER : Ensiklopedia penyakit menular dan infeksi, oleh Sinta Sasika Novel,S.Si
                   http://en.wikipedia.org/wiki/File:PneumonisWedge09.JPG

2 komentar:

  1. Balasan
    1. wah semoga bermanfaat dan semoga responsif nya lancar ya saudara jalal. join us with sumbberilmu.blogspot.com GERATIS

      Hapus